Berita TerkiniKorupsi

KPK Geledah Rumah Tersangka Kasus Kementan, Sita Uang Ratusan Juta

KPK

Beritarokokbet – KPK menggeledah rumah salah satu tersangka kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). Namun KPK belum menyebut siapa tersangka yang rumahnya digeledah itu.

“Tim penyidik telah selesai melaksanakan penggeledahan lanjutan di lokasi kediaman dari salah satu tersangka yang ditetapkan dalam perkara ini,” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Senin (2/10/2023).

Penggeledahan dilakukan pada Minggu (1/10) di wilayah Jagakarsa, Jakarta Selatan. Sejumlah barang bukti diamankan dari rumah itu, antara lain uang tunai ratusan juta rupiah.

“Ditemukan dan diamankan bukti di antaranya uang dalam jumlah ratusan juta rupiah dalam bentuk mata uang rupiah maupun asing, bukti elektronik, dan dokumen lainnya,” sebutnya.

“Analisis dan penyitaan segera dilakukan untuk menjadi kelengkapan berkas perkara penyidikan,” tambah Ali.

Ali sebelumnya mengatakan KPK telah meningkatkan status penyelidikan ke tahap penyidikan dalam kasus dugaan korupsi yang terjadi di Kementan. KPK mengatakan sudah menemukan alat bukti yang cukup untuk naik ke proses penyidikan.

“Sehingga di awal tahun 2023 tim penyelidik KPK melakukan penyelidikan dan, berdasarkan kecukupan alat bukti, ekspose yang dihadiri pejabat struktural KPK kemudian disimpulkan adanya bukti permulaan yang cukup sehingga naik proses penyidikan,” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri di gedung Merah Putih KPK, Jumat (29/9).

Ali mengatakan KPK juga telah menetapkan adanya tersangka dari korupsi di Kementan. Namun KPK belum mengumumkan sosok tersangka dimaksud.

“Ketika naik proses penyidik, kami pastikan telah menetapkan pihak sebagai tersangka. Namun identitas tersangka akan kami sampaikan ketika penyidikan ini cukup,” ujar Ali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *