Berita TerkiniBerita ViralIndonesiaKorupsi

Anies Hanya Tersenyum Saat Ditanya soal Kasus Mentan SYL

Anies

Beritarokokbet.com – Bakal calon presiden (bacapres) Koalisi Perubahan Anies Baswedan hanya tersenyum kala ditanyai soal kasus dugaan korupsi yang menyeret nama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Anies tak bicara apa pun soal kasus itu.

Anies, yang diusung NasDem, PKB, dan PKS, awalnya ditanya soal kasus dugaan korupsi yang membuat rumah Mentan SYL digeledah KPK saat dirinya keluar dari gedung Badan Riset dan Inovasi Negara (BRIN), Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (5/10/2023) pukul 13.15 WIB.

Anies tersenyum saat mendengar pertanyaan itu. Anies hanya menjawab pertanyaan tentang kehadirannya di BRIN. Dia mengaku diundang sebagai narasumber sekaligus menampung aspirasi dari para peneliti untuk Indonesia yang lebih baik.

Diketahui, KPK saat ini sedang mengusut kasus dugaan korupsi di Kementan. KPK belum menjelaskan siapa tersangka dalam kasus ini.

Namun KPK telah melakukan penggeledahan di sejumlah lokasi, antara lain rumah dinas Mentan SYL di Jakarta dan rumah pribadi SYL di Makassar.

KPK menyita uang puluhan miliar rupiah dari rumah dinas SYL. Selain itu, KPK menyita mobil Audi A6 dari rumah SYL di Makassar.

SYL telah menghadap Ketum NasDem Surya Paloh untuk menjelaskan persoalan yang terjadi. Dia rencananya akan menghadap Presiden Joko Widodo hari ini.

Pamitan

Sebagai informasi, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) tiba di kantor Kementerian Pertanian (Kementan) pada Kamis (5/10), tepatnya pukul 10.17 WIB.

SYL dikabarkan akan berpamitan dengan para pegawai sebelum mengundurkan diri dari jabatannya sebagai menteri pada hari ini.

Kedatangan Syahrul disambut para pejabat Kementan. Beberapa pegawai Kementan memeluk politisi Partai Nasdem tersebut. SYL dan para pejabat Kementan bergegas memasuki ruangan di Gedung A Kementerian Pertanian.

Setelah berpamitan, SYL dikabarkan akan mendatangi Polda Metro Jaya. Selanjutnya, Mentan akan mendatangi Istana Kepresidenan.

Tersangka

Sebelumnya diberitakan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengaku, ia mendapat laporan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bahwa Syahrul ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi.

Mahfud pun menyebutkan bahwa ekspose perkara terkait kasus yang menjerat Syahrul Yasin Limpo sudah dilakukan sejak lama.

“Bahwa dia sudah tersangka? Ya, saya sudah dapat informasi. Malah sejak kalau eksposenya itu kan sudah lama kalau tersangka,” kata Mahfud di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/10).

KPK tengah mengusut tiga klaster dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan), yakni pemerasan dalam jabatan, gratifikasi, dan tindak pidana pencucian uang.

KPK telah menetapkan sejumlah tersangka dalam kasus dugaan korupsi terkait pemaksaan dalam jabatan di Kementan, tapi belum mau mengungkap identitasnya.

Penyidik pun telah menggeledah rumah dinas Syahrul Yasin Limpo dan kantor Kementan pada pekan lalu untuk mengumpulkan barang bukti dalam kasus ini.

Dari penggeledahan di rumah dinas Syahrul Yasin Limpo, penyidik KPK mendapati uang puluhan miliar dalam bentuk rupiah dan mata uang asing. Selain itu, penyidik KPK juga menemukan 12 pucuk senjata api.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *