Berita TerkiniNasionalPilpres 2024Politik

Begini Respons Anies Baswedan Soal Pencopotan Anwar Usman sebagai Ketua MK

Beritarokokbet.com – Bakal capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan menanggapi putusan Mahkamah Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) yang mencopot Anwar Usman sebagai Ketua MK. “Kita hormati putusan majelis kehormatan, dan majelis kehormatan pasti melakukan proses yang objektif, transparan, yang mengandalkan pada data, informasi yang sahih,” kata Anies Baswedan saat ditemui di Menara Bank Mega, Jakarta Selatan, Rabu, 8 November 2023.

MKMK menyatakan Ketua MK Anwar Usman melakukan pelanggaran berat terhadap kode etik dan perilaku hakim dalam sidang pembacaan putusan pada Selasa, 7 November 2023. Atas pelanggaran berat itu, MKMK memberikan sanksi pemberhentian Anwar Usman sebagai Ketua MK.

Anies Baswedan berharap putusan MKMK dapat menjaga kehormatan Mahkamah Konstitusi. Pasalnya, kata Anies, Mahkamah Konstitusi adalah salah satu mahkamah tertinggi di Republik ini.  “Kita bicara soal konstitusi saja sudah tinggi, ini mahkamahnya konstitusi. Kemudian di situ ada Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi, jadi ini tingginya tinggi ini,” kata dia.

Anies Baswedan mengimbau seluruh pihak menghormati putusan MKMK tersebut. “Saya ingin sampaikan, barangkali ini sudah tuntas, ini selesai, kita hormati putusannya dan mudah-mudahan bisa menjaga muruah konstitusi,” kata dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *