Berita TerkiniPilpres 2024

Hari ke-19 kampanye Pemilu 2024

Beritarokokbet.com – Kampanye untuk Pemilihan Presiden Pilpres 2024 memasuki hari ke-19 pada Sabtu (16/12).

Tiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang berkontestasi, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (paslon nomor urut 1), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (paslon nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. (paslon nomor urut 3), melanjutkan agenda kampanyenya secara terpisah di beberapa daerah Tanah Air.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung sejak 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024, kemudian para paslon dilarang berkampanye selama masa tenang yaitu pada 11–13 Februari 2024.

KPU menjadwalkan pemungutan suara Pilpres 2024 berlangsung pada 14 Februari 2024 serentak dengan pemungutan suara untuk pemilihan calon anggota legislatif (pileg) RI.

Berikut rangkuman (round up) kegiatan tiga pasangan calon pada hari ke-19 masa kampanye Pilpres 2024:

Pasangan Anies-Muhaimin

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan pada hari ke-19 kampanye bertolak ke Morowali, Sulawesi Tengah, bersama Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali dan Ustad Das’ad Latif.

Anies dan rombongan tiba di Morowali pada Sabtu sore dan langsung menghadiri sejumlah acara, salah satunya Haul dan Tahlilan 11 Tahun Wafatnya Hj. Sa’adia Binti H. Himran, yang merupakan ibu dari Ahmad Ali.

Kegiatan itu berlangsung pada Sabtu malam dihadiri oleh sejumlah pemuka agama di Morowali dan masyarakat sekitar.

Dalam acara haul itu, Anies berkesempatan bertemu langsung dengan masyarakat Morowali. Dalam sambutannya, Anies mengaku menyerap banyak aspirasi dari masyarakat Morowali, di antaranya menyangkut pekerjaan dan lahan penghidupan yang layak.

Di lokasi yang berbeda, calon wakil presiden nomor urut 2 Muhaimin Iskandar absen berkampanye karena dia masih menjalani ibadah umroh di Tanah Suci.

Sementara itu, Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) menggelar jumpa pers di Jakarta, Sabtu, untuk menjawab beberapa isu terkait Pilpres 2024, di antaranya mengenai evaluasi debat, usulan perubahan format debat, dan laporan PPATK soal dugaan pencucian uang dalam dana kampanye.

Pasangan Prabowo-Gibran

Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto berkegiatan di beberapa daerah, yaitu Purwakarta, Jawa Barat, kemudian ke SICC Sentul (Bogor, Jawa Barat) dan Jiexpo Kemayoran di Jakarta pada hari ke-19 masa kampanye Pilpres.

Di Purwakarta, tepatnya di Kawasan Puseur Tatar Niaga, Prabowo menghadiri acara silaturahmi nasional serta HUT ke-2 Koperasi Mekar Digital Sejahtera (MDS) Coop selaku Ketua Dewan Pembina Induk Koperasi Unit Desa (INKUD). Dalam acara itu, yang turut dihadiri oleh Ketua Dewan Pembina MDS Coop Rini Soemarno, Prabowo dikukuhkan sebagai Ketua Dewan Kehormatan Koperasi MDS Coop.

Kemudian, dia lanjut bertemu para relawan dalam acara konsolidasi di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu siang. Di SICC Sentul Bogor, Prabowo konsolidasi bersama Laskar Posko Pemilih Prabowo-Gibran (Kopi Pagi).

Prabowo pada sore hari melanjutkan perjalanan ke Jiexpo Kemayoran, Jakarta, untuk mengisi materi mengenai kemandirian pesantren dan bela negara dalam acara Sarasehan Peningkatan Kemandirian Pesantren yang digelar oleh Kementerian Agama RI.

Dalam acara itu, Prabowi hadir selaku Menteri Pertahanan RI.

Sementara itu, calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka berkampanye di Balikpapan, Kalimantan Timur, dan menyempatkan berkunjung ke lokasi pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Di Balikpapan, Gibran blusukan ke Pasar Pandan Sari untuk meninjau harga-harga dan bertemu dengan pedagang serta masyarakat.

Kemudian, Gibran beserta rombongan melanjutkan perjalanan ke IKN menumpang kapal cepat dari Pelabuhan Semayang, Balikpapan. Di IKN, Gibran bersama juru bicaranya, Emil Dardak, menyambangi Titik Nol Kilometer dan Menara Pandang.

Di IKN, Gibran ditahbiskan sebagai warga kehormatan Dayak. Prosesi pemberian gelar itu dipimpin oleh Kepala Adat Keluwragan Budaya Pampang dan Sekretaris Umum Dewan Adat Dayak Kalimantan Timur.

Pasangan Ganjar-Mahfud

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo fokus menggarap daerah Bekasi untuk hari ke-19 kampanye Pilpres. Dia memulai kegiatannya santap pagi di Pasar Proyek Lama, Bekasi, bersama warga setempat.

Kemudian, Ganjar lanjut meresmikan Posko Relawan Ganjar Pranowo di Kota Bekasi untuk menampung aspirasi warga di wilayah tersebut.

Ganjar bersama rombongan meneruskan perjalanan ke GOR Basket di Kota Bekasi untuk membuka turnamen olahraga Piala Ganjar-Mahfud. Di lokasi itu, ada dua cabang olahraga yang dipertandingkan, yaitu e-sport Mobile Legend dan basket 3-on-3.

Ganjar juga menyempatkan diri blusukan ke Pasar Kranggan, Bekasi, dan bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Modern Sirojul Munir.

Ganjar, yang didampingi oleh Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo juga bertemu dengan Tim Pemenangan Daerah di Gedung Rudang.

Sementara itu, calon wakil presiden nomor urut 2 Mahfud Md. berkegiatan di beberapa daerah di Bandung, Jawa Barat, pada hari ke-19 kampanye Pilpre.

Di Bandung, Mahfud bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Sinarmiskin, yang kedatangannya itu disambut oleh pengasuh Ponpes, KH. Achmad Syaiful Rizal dan Rais Syuriah PCNU Kota Bandung KH Ateng Muhaimin.

Mahfud menyampaikan Ponpes Sinarmiskin merupakan saksi sejarah perjalanan para kiai Nahdlatul Ulama, dan pesantren itu, menurut Mahfud, juga punya kedekatan dengan tokoh NU sekaligus Presiden Ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Kemudian, Mahfud melanjutkan perjalanan ke Restoran Pandan Wangi untuk berdialog dengan pengurus DPW PPP.

Dia meyakinkan para pengurus partai, PPP punya basis cukup kuat di Jawa Baeat sehingga dia yakin para kader mampu mengamankan kantong-kantong suara. PPP merupakan salah satu partai politik pengusung pasangan Ganjar-Mahfud bersama PDI Perjuangan, Perindo, dan Partai Hanura.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *