Berita TerkiniPilpres 2024Politik

Jokowi-Prabowo Bertemu 4 Mata, PDIP Bilang Begini

Beritarokokbet.com РKetua Badan Kehormatan PDIP Komarudin Watubun merespons pertemuan 4 mata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Menhan sekaligus capres nomor urut 2 Prabowo Subianto. Komarudin mengatakan pertemuan itu seakan mengonfirmasi dukungan Jokowi ke Prabowo.

“Kalau banyak pihak mempertanyakan pertemuan Pak Jokowi dan Pak Prabowo malam ini saya kira wajar-wajar saja, karena pertemuan malam ini seakan-akan mengonfirmasi pernyataan Menkominfo (Budi Arie) kemarin bahwa Pak Jokowi mendukung Pak Prabowo,” kata Komarudin dalam pernyataannya melalui video yang dibagikan, Jumat (6/1/2024).

Komarudin lalu menyinggung kegiatan Jokowi yang pernah mengumpulkan seluruh gubernur hingga wali kota, serta Bawaslu dan KPU di seluruh jenjang untuk menyampaikan pesan netral di pemilu. Komarudin menyebut pertama kali dalam sejarah presiden mengumpulkan sejumlah institusi negara.

“Padahal Pak Jokowi sendiri beberapa waktu ini mengumpulkan seluruh pejabat gubernur, bupati, walikota, KPU dan Bawaslu di setiap jenjang, pusat, daerah kemudian pimpinan TNI-Polri, kepala desa seluruh Indonesia yang mungkin baru pertama kali sejarah dalam Indonesia kepala negara mengumpulkan institusi sebanyak itu dengan pesan harus netral,” ujarnya.

Komarudin meminta Jokowi untuk juga menjadi contoh menjalankan pesan tersebut. Dia menilai pemilu 2024 harus dijalankan dengan penuh demokratis.

“Nah kalah pesan itu sudah disampaikan kepada rakyat dan ASN maka presiden harus menunjukkan contoh kepada para penyelenggara negara itu. Karena apa? Karena pemilu 2024 ini pemilu yang akan menentukan masa depan Indonesia mau dibawa kemana,” ujarnya.

“Jadi pemilu betul-betul harus pemilu demokratis, pemilu yang menjunjung tinggi hal asasi manusia dan pemilu yang menjunjung tinggi Indonesia sebagai negara hukum. Karena inilah cita-cita perjuangan reformasi tahun 1998 itu, yang harus diingat,” lanjutnya.

Diketahui sebelumnya, pertemuan makan malam itu berlangsung di Rumah Makan Seribu Rasa Menteng, Jumat (5/1/2024). Jokowi mengenakan kemeja putih dan celana hitam. Sementara Prabowo memakai pakaian batik serta celana hitam.

Keduanya masuk dalam ruangan dengan meja makan panjang. Di meja besar itu, Jokowi dan Prabowo hanya makan malam berdua.

Suasana ruangan makan Jokowi dan Prabowo itu tampak temaram. Keduanya terlihat membicarakan sesuatu.

Koordinator staf khusus presiden, Ari Dwipayana mengatakan Jokowi sedang rileks mencoba masakan nusantara di sebuah restoran kawasan Jakpus. Dia tidak mengetahui persis apa yang dibahas Jokowi dengan Prabowo.

“Malam ini, Bapak Presiden rileks sejenak mencoba masakan nusantara di Rumah Makan Seribu Rasa Menteng. Saat makan malam, Presiden didampingi Menhan Bapak Prabowo Subianto,” ujar Ari, kepada wartawan, Jumat (5/1/2024).

“Saya tidak tahu apa yang beliau bicarakan sambil makan malam. Katanya, masakan nusantara di rumah makan itu enak,” sambungnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *